Tuesday, December 13, 2016

Klien Steam Kini Mendukung Gamepad PS4

  No comments


Jika anda melihat semua video Steam Dev Days 2016, tentunya sudah tahu fitur baru yang akan ditambahkan ke klien Steam yaitu dukungan gamepad PlayStation 4 Dual Shock Controller. Setelah berkutat beberapa saat untuk uji coba di kanal Beta klien Steam, fitur ini akhirnya mendarat di kanal Stabil klien Steam.

Untuk menambahkan gamepad PS4, masuk ke Steam Big Picture Mode pada Add/Test Controller settings. Yang membuat konfigurasi kontroler pada Steam menarik adalah adanya dukungan kustomisasi yang fleksibel seperti pemetaan masukkan trackpad, gyro, tombol-tombol dll sebagai keluaran x-inputs, keyboard, mouse dan dapat digunakan sebagai set aksi, menu sentuh, menu radial dan sebagainya. Adanya dukungan profil per game juga mempermudah pemakaian gamepad dan profil tersebut juga dapat dibagikan ke komunitas. Rencana kedepan akan ditambahkan gamepad-gamepad lainnya, walaupun saat ini belum diketahui gamepad mana yang akan didukung mendatang.



Hal lain yang patut ditunggu adalah Steam Controller API yang telah diperkenalkan pada Steam Dev Days 2016. Pengembang game diharapkan mulai menggunakan Steam Controller API untuk dukungan gamepad. Kenapa hal ini penting? Bagi pengembang, tidak perlu repot menambahkan dukungan semua gamepad yang beredar dipasaran saat ini, cukup menggunakan Steam Controller API saja. Bagi pengguna, walaupun gamepad yang dimilikinya tidak sepenuhnya didukung -dimana pemetaan tombol-tombolnya berantakan-, cukup memetakan ulang pada konfigurasi Steam dan selama game yang dimainkan mendukung Steam Controller API maka pemetaan tombol-tombolnya akan benar sesuai dengan pengaturan bawaan game.

Bagi pengguna SteamOS diharapkan menggunakan versi termutakhir, seperti yang dijelaskan disini
Bagi pengguna Linux diharapkan menyesuaikan pengaturan udev, seperti yang dijelaskan disini

Changelog

No comments :

Post a Comment