Sunday, January 1, 2023

Bypass Blokir Sementara Dengan Cloudflare Warp

  No comments
Warp-GUI



Sekitar setahun kebelakang, entah kenapa DNScrypt sudah tidak bisa meloncati filter dari isp. Entah karena konfignya yang salah atau hal yang lain, padahal konfig yang sama telah kupakai lebih dari lima tahun alias tidak ada perubahan. Gara-gara insiden blokir semena-mena dari Kominfo yang kemarin itu, akhirnya jadi iseng mencari solusi yang mungkin tidak akan bertahan lama. Kenapa begitu? Karena jika proyek Kominfo The Great Firewall nya berhasil diterapkan, otomatis cara-cara seperti ini dapat dipastikan akan gagal. Jangan berpikir bahwa VPN akan aman, nasibnya bakalan serupa. Ya bukannya tidak bisa diterobos, tapi kan butuh usaha ekstra yang dijamin bakalan ribet.


Kalau TOR bagaimana? Sama juga sih, nanti kalau situsnya diblokir juga kan jadi tidak bisa download TOR dan TOR Browser. Jadi ada baiknya install dari sekarang dan tunggu perkembangannya.


Kembali ke topik, rupanya Cloudflare sudah mengembangkan aplikasi dengan antarmuka berbasis terminal dan grafis. Kabar baiknya lagi, aplikasi yang disebut Cloudflare Warp tersedia pada semua sistem operasi seperti Linux, MacOS, Windows dan pada mobile mendukung juga Android dan IOS. Cuman sih untuk yang Linux tidak ada tampilan grafis, coba kalau pakai QT 6 pasti lebih mudah lagi.


Arch Linux dan turunannya:

Pakai AUR helper, yay dan lainnya.

yay -S cloudflare-warp-bin


Aktifkan dan jalankan daemon.

sudo systemctl enable --now warp-svc.service


Registrasi lewat terminal, perintah hanya dijalankan sekali saja.

warp-cli register


Koneksi ke Cloudflare.

warp-cli connect


Memutuskan hubungan ke Cloudflare.

warp-cli disconnect


Melihat status.

warp-cli status


Mengaktifkan fitur persistent, jadi akan mengingat status terkoneksi atau tidak ketika reboot atau power off.

warp-cli enable-always-on



Karena tidak adanya GUI yang memudahkan hal yang sudah sangat mudah menjadi lebih mudah maka lahirlah warp-gui, aplikasi sederhana yang berfungsi untuk mengkoneksikan dan memutuskan warp-cli.


https://github.com/krypt0nn/warp-gui


Cukup unduh AppImage nya, buat executable dan jalankan.

No comments :

Post a Comment