Saturday, February 12, 2011

WTF Nokia?

  4 comments
Aku bangun pagi ini dan segera membaca beberapa berita di internet, dan *kejutan*.,.

Nokia bekerjasama dengan Micro**** dan akan memakai wind*** 7 mobile pada produk mendatang.

WTF Nokia!!!

Sebagai KDE user, jelas timbul kekhawatiran besar akan masa depan Qt -KDE dibangun memakai Qt-, saat Nokia mengakuisisi TrollTech dan merilis Qt dibawah lisensi open source sungguh momen yang menggembirakan. Model pengembangan Qt pun lebih terbuka daripada sebelumnya, namun ketika membaca berita tersebut membuatku bertanya-tanya.,. ada apa denganmu Nokia?

Bagaimana dengan MeeGo? MeeGo merupakan aliansi bersama yang dibentuk Nokia dan Intel yang merupakan penggabungan Maemo dan Moblin. Lalu nasib Symbian OS? Sepertinya Nokia tidak percaya dengan apa yang mereka telah bangun dan miliki selama ini. Penetrasi hebat dari Android memang menggerus pasar Nokia diberbagai lini, namun bukan berarti harus berpaling dan berbalik memakai wind*** 7 mobile. Seperti yang kita ketahui wind*** 7 mobile gagal mendominasi pasar, akibatnya aplikasi yang dibuat pun sedikit. Dan kemungkinan Qt dipakai untuk pengembangan aplikasi di wind*** 7 mobile pun rasanya kecil sekali. Lalu apa yang diharapkan dari kerjasama ini?

Lalu apa hubungannya dengan Qt? Jelas ada!
Nokia sebagai pemilik sah Qt masih mengontrol pengembangan Qt, takutnya dimasa mendatang Nokia sudah tidak lagi fokus terhadap Qt.
Beberapa developer KDE pun merasa was-was, walaupun memang saat ini masih terjadi komunikasi antara KDE dan Nokia. Kondisi terburuk adalah kemungkinan mem *FORK* Qt dari Nokia, harapanku sih semoga tidak terjadi. Bahkan pekerja Nokia melakukan protes terhadap keputusan tersebut, terutama pekerja yang berkutat di MeeGo dan Symbian OS.

Bagaimana pun kondisi ini masih dapat berubah, dan sekarang yang bisa dilakukan hanya menunggu.,.

4 comments :

  1. Tetep kalah bro sama Android . dominasi windows mobile akan luntur di era mendatang seiring harga pasaran HP berbasis Android yang semakin turun.

    ReplyDelete
  2. Yap, wind*** mobile emang udah kalah telak sama Android + iOS, tapi sebenarnya bukan itu yang menjadi persoalan, nasib Qt kedepan itu lho yang sekarang dipertanyakan, mengingat dari segi teknis Qt itu sangat superior dan fleksible di smua platform yang telah didukung atau akan didukung nantinya.
    BTW, thanks for reading my blogs.,.

    ReplyDelete
  3. check this out
    http://dailysocial.net/en/2011/02/16/nokia-the-future-of-qtsymbian-developers/

    ReplyDelete
  4. Thanks, tapi udah baca, hehe.,. Cukup mengikuti perkembangan terbaru soal Nokia / Qt.
    BTW, thanks for reading my blogs.,.

    ReplyDelete