Tuesday, November 8, 2016

openSUSE Leap atau openSUSE Tumbleweed

  1 comment
Gecko.


Beberapa hari lagi openSUSE Leap 42.2 akan dirilis, mungkin bagi yang belum pernah mencoba openSUSE akan bingung perbedaan antara openSUSE Leap dan openSUSE Tumbleweed.

Lalu apa bedanya?

openSUSE Leap
* Fixed based release model, versi terbaru dirilis setidaknya setiap 8 bulan sampai 12 bulan.
* Berbasis pada SUSE Linux Enterprise (SLE) yang mengutamakan kestabilan.
* Strategi rilis disejajarkan dengan SUSE Linux Enterprise (SLE), openSUSE Leap 42.1 berbasis SLE Service Pack (SP) 1, openSUSE Leap 42.2 berbasis SLE Service Pack (SP) 2, openSUSE Leap 42.3 berbasis SLE Service Pack (SP) 3, dan seterusnya.
* Daur hidup yang cukup lama, pengguna disarankan mengupgrade dari versi minor ke versi minor yang terbaru setidaknya 6 bulan setelah ketersediaan (42.1 ke 42.2, 42.2 ke 42.3, dst). setiap versi minor didukung selama  18 bulan. Jika mengikuti rekomendasi maka total dukungan mencapai 36 bulan.
* Hanya menerima pemutahkiran perbaikan dan keamanan, kecuali beberapa aplikasi yang selalu termutakhir seperti Mozilla Firefox.
* Media instalasi berupa instalasi lewat network dan DVD, tidak ada Live CD.

openSUSE Tumbleweed
* Rolling based release model.
* Berbasis Factory repository, pengembangan basis kode utama openSUSE.
* Stak perangkat lunak termutakhir, termasuk kernel Linux, lingkungan Desktop, aplikasi-aplikasi, peralatan pengembangan perangkat lunak (kompiler, IDE, dll).
* Media instalasi berupa instalasi lewat network dan DVD, tidak ada Live CD. Mendukung upgrade dari openSUSE Leap ke openSUSE Tumbleweed.
* Tidak ada jaminan kestabilan, walaupun pemutahkiran mendarat di Factory dulu sebelum ke Tumbleweed.
* Khusus untuk driver dari pihak ketiga seperti driver grafis AMD dan Nvidia, ada kemungkinan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Walaupun pada umumnya driver Nvidia tidak mempunyai masalah dengan Tumbleweed.

Rekomendasi pribadi untuk Linux Gamers gunakan openSUSE Leap, jika ada alasan tertentu seperti driver grafis tidak stabil baru gunakan openSUSE Tumbleweed atau dual boot openSUSE Leap dan Tumbleweed. Sedangkan untuk pengguna Linux Non-gamers, gunakan openSUSE Leap.

Sudah bisa menentukan yang mana sesuai untuk anda?



GeckoLinux

Tunggu dulu, setelah Leap, Tumbleweed, lalu GeckoLinux? Apa lagi ini...
GeckoLinux secara teknis merupakan spin-off tidak resmi dari openSUSE, memodifikasi yang dianggap perlu. Media instalasi GeckoLinux berupa Live CD / DVD / USB dengan ukuran kurang lebih 1GB. Berfokus dengan edisi per lingkungan desktop, jadi cukup mengunduh edisi mana yang disukai, Budgie, Cinnamon, Gnome, LXQT, Mate, Plasma, XFCE. Anda dapat memilih baik GeckoLinux berbasis Leap atau Tumbleweed.

GeckoLinux edisi XFCE berbasis openSUSE Leap 42.1.


Jadi jika ingin mencoba openSUSE, sebaiknya unduh GeckoLinux.

1 comment :

  1. Tumbleweed itu Rolling Releasenya hanya yg dinilai Stable loh yg diberikan ke User, gk seperti Rolling Release lain yg apa adanya seperti ArchLinux.

    ReplyDelete