Friday, November 25, 2016

Fedora 25 Workstation : Wayland Display Server

  No comments
Fedora 25 Workstation.


Fun fact : Fedora Core 1 adalah distro pertama yang kupakai.

Akhirnya salah satu distro besar berani memakai Wayland sebagai default display server. Hal ini merupakan berita yang bagus, mengingat desain X11 sudah cukup berumur dan tidak sesuai lagi dengan kebutuhan grafis sekarang. Tentu saja anda masih bisa memakai X11 jika dirasa perlu.

Kenapa baru sekarang sih? sederhana saja, dua lingkungan desktop yang paling populer di Linux yaitu GNOME dan KDE, baru secara bertahap mengintegrasikan Wayland. Fedora sebagai distro berorientasi GNOME, harus menunggu implementasi Wayland pada GNOME.

Aku sendiri sudah mencoba Wayland beberapa kali baik dengan GNOME dan KDE, bisa dibilang belum begitu stabil sih. Tapi setidaknya dengan dorongan seperti ini bisa mempercepat adaptasi Wayland. Lagipula kalau tidak ada yang mencoba, bagaimana mungkin Wayland bisa berkembang. Semakin banyak yang memakai Wayland, laporan bug yang diterima, perbaikan bug dan fitur yang baru akan mempercepat pengembangan Wayland itu sendiri.

Apa yang baru dirilis kali ini :
* Wayland display server sebagai default, dan X11 sebagai fallback.
* GNOME 3.22. Spin-off dengan lingkungan desktop lainnya akan menyusul kemudian.
* GNOME Shell Extensions dinyatakan stabil, sehingga ekstensi-ekstensi yang sudah mendukung GNOME 3.22 tetap akan berfungsi pada rilis mendatang.
* Dukungan Flatpak.
* Fedora Media Writer, aplikasi khusus untuk mengunduh dan membakarnya ke USB Flashdisk. Dapat digunakan pada edisi resmi Fedora, Spins dan Labs. Mungkin anda sudah familiar dengan Etcher dan SUSE Studio ImageWriter.

Untuk kebutuhan server gunakan Fedora Server, sedangkan untuk kebutuhan cloud server gunakan Fedora Atomic.


Rekomendasi :

Metode mengunduh
https://getfedora.org/workstation
Ukuran image iso nya sebesar 1.3 GB berupa versi Live. Untuk image netinstall kurang lebih 500an MB. Berhubung ukurannya relatif kecil, download saja langsung dari server resminya menggunakan download manager.

Upgrade atau instalasi baru?
Fedora mendukung upgrade dari versi sebelumnya via DNF dan instalasi baru via sesi Live. Untuk sesi Live memungkinkan mencoba Fedora tanpa perlu menginstall terlebih dahulu.

Cara membakar image iso nya ke USB Flashdisk?
Fedora Media Writer

No comments :

Post a Comment