Thursday, November 17, 2016

openSUSE Leap 42.2 Telah Dirilis

  No comments
Leap.


Setelah SUSE Linux Enterprise (SLE) Service Pack (SP) 2 dirilis beberapa hari yang lalu, kini giliran openSUSE Leap 42.2 yang dirilis.
DVD iso nya (4.7 GB) telah dipublikasikan pada cermin-cermin resmi kurang lebih 24 jam yang lalu, silahkan mengunduh disitus resminya.

Apa yang baru dirilis kali ini :
* Berbasis pada SUSE Linux Enterprise (SLE) Service Pack (SP) 2.
* Ditenagai kernel Linux 4.4 Long-Term-Support (LTS).
* Lingkungan desktop KDE Plasma 5.8 Long-Term-Support (LTS) dan GNOME 3.20. Termasuk lingkungan desktop lainnya seperti Cinnamon, Enlightenment, LXQT, MATE, XFCE.
* 1400 paket-paket baru, 17% lebih banyak daripada 42.1.
* Siap digunakan sebagai server, merupakan rilis kali pertama yang menyertakan pilihan profil server pada saat instalasi. Mendukung installer berbasis teks tanpa memerlukan X dan instalasi remote secara VNC atau SSH.
* Peningkatan Snapper, manajemen system restore.
* Peningkatan secara umum dan usability YaST serta ditambahkannya modul baru YaST. yast2-alternatives, yast2-vpn, yast2-auth-client, yast2-firewall sekarang mendukung firewalld.
* Kontainer dengan Docker 1.12.
* Virtualisasi dengan QEMU 2.6.1, VirtualBox 5.0.24, Xen dan KVM. Juga mendukung Kontainer Linux berupa Docker dan LXC.
* Bahasa pemrograman, Pustaka dan IDE. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan meliputi Python 2.7, Ruby 2.1 dan Perl 5.18. Pustaka dimutakhirkan ke libvirt (2.0) dan libzypp (16.2), sedangkan pustaka mendasar menggunakan glibc 2.22 dan libsigc++ 2.8. Untuk pengembangan perangkat lunak, Qt 5 GUI toolkit (5.6) dan GNOME Builder dengan GTK 3.20. Untuk kebutuhan kompiler tersedia gcc 4.8.5, 5.3.1 dan 6.1.1. kompiler lain yaitu llvm-clang 3.8.0. Serta menggunakan CMake 3.5, OpenSSL 1.0.2h, OpenSSH 7.2p2.


Rekomendasi :

Metode mengunduh
Ukuran DVD iso nya sebesar 4.7 GB, laman unduhan resmi openSUSE sudah menggunakan MirrorBrain sehingga setiap unduhan akan dialihkan ke server-server terdekat. Namun jika kecepatan unduhan terasa lambat padahal koneksi internet anda cepat, lebih baik unduh saja melalui torrent resmi. Pada saat tulisan ini dibuat, swarm seed torrent sudah banyak.

Upgrade atau instalasi baru?
openSUSE Leap 42.2 mendukung upgrade dari versi 42.1, pastikan koneksi internet cepat dan memiliki ruang kosong pada harddisk yang lega.
Aku sendiri lebih menyukai instalasi baru daripada upgrade. Aku biasanya menyediakan satu partisi kosong, sehingga nantinya terdapat tiga distro, Arch Linux, openSUSE Leap 42.1 dan openSUSE Leap 42.2.
* 1 partisi Arch Linux + 1 partisi HOME khusus untuk Arch Linux.
* 1 partisi openSUSE Leap 42.1 ( HOME termasuk didalamnya, tidak terpisah).
* 1 partisi openSUSE Leap 42.2 ( HOME termasuk didalamnya, tidak terpisah).
* partisi-partisi lainnya.

BTRFS?
Secara default sejak openSUSE Leap 42.1 direkomendasikan menggunakan BTRFS filesystem. BTRFS memiliki salah satu fitur andalan yaitu incremental backup, yang artinya hanya mencadangkan berkas-berkas yang berubah saja (tidak secara penuh). Jadi jika pada suatu saat terjadi pemutahkiran beberapa paket yang mengakibatkan kegagalan, tinggal di restore balik saja dengan Snapper. Walaupun hanya incremental backup, tentu saja memerlukan ruang kosong lebih pada harddisk, masukkan faktor ini jika anda berniat menggunakan BTRFS.

Cara membakar image iso nya ke USB Flashdisk?
Silahkan baca SUSE Studio ImageWriter dan Etcher

Kenapa oh kenapa?
sh*t happen, that's why.
Kalau saja ada hal yang tidak disukai, openSUSE Leap 42.1 masih terinstall. Kalau openSUSE Leap 42.2 sudah teruji baru tinggal menghapus yang 42.1. Simple kan?

No comments :

Post a Comment